Selasa, 04 September 2012

Strategi Pembelajaran PKn dan IPS



PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Tugas pengawas satuan pendidikan tidak hanya melakukan supervise manajerial kepala sekolah, namun juga membina guru melalui supervisi akademik. Dalam pembinaan guru tentu harus mengacu pada kompetesi guru, terutama kompetensi profesional berkaitan dengan proses pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan teknologi serta teori-teori pembelajaran, maka guru
pun dituntut mampu menguasai dan memilih strategi pembelajaran yang tepat, sehingga menjadikan siswa aktif, kreatif, dan belajar dalam suasana senang serta efektif.

Menghadapi tugas tersebut pengawas tentu harus menguasai strategi/ metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang up to date. Bila pengetahuan pengawas sudah ketinggalan, apa lagi hanya mengandalkan pengalaman tanpa didukung teori-teori, maka pengawas tidak akan mandapatkan respek dari para guru yang dibinanya. Paling tidak, untuk jenjang pendidikan menengah pengawas harus memahami garis besar strategi pembelajaran setiap mata pelajaran misalnya: Matematika, IPA, PKn, IPS, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, serta Pendidikan Seni dan Budaya.

Materi pelatihan ini dimaksudkan memberikan wawasan bagi pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi akademik untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran dan Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah menengah.


......................................................................................................................................

***Untuk selengkapnya, silahkan download file di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar